Kamis, 26 Juli 2012

Puncak Tema Alam Semesta

Assalamu'alaikum... Wah, sudah bertemu lagi dengan Puncak Tema. Kali ini kita akan bermain di Puncak Tema Alam Semesta. Rabu, 23 Mei 2012 untuk anak Kelompok A dan Kamis, 24 Mei 2012 untuk anak Kelompok B.

Hari ini bapak dan ibu guru akan menjelaskan tentang gejala alam terutama yang berkaitan dengan gunung meletus. Selain itu, bapak dan ibu guru juga sudah menyiapkan sebuah drama singkat yang menerangkan tentang proses turunnya hujan. Daaaaaaaaaaaaaan... yang tak kalah serunya adalah hari ini kita akan hujan-hujanan. Hore!!!

Sebelumnya, beberapa hari yang lalu, bapak dan ibu guru sudah memberikan surat pemberitahuan, agar pada acara puncak tema alam semesta ini anak-anak membawa payung/ jas hujan, baju ganti dan sandal jepit.

Mari kita mulai. Setunggal.... kaleh.... tigo ^______^

Sip, kegiatan seperti biasa dimulai dengan berbaris dan gerak badan ringan terlebih dahulu. Setelah itu berdoa, hafalan surat, salam.

Setelah absensi selesai, ibu guru mengajak anak-anak bercakap-cakap tentang alam semesta dan memberitahu anak mengenai kegiatan yang akan mereka ikuti hari ini.



Kegiatan yang pertama, dimulai dengan menjelaskan gejala alam yang berkaitan dengan gunung meletus. Pak Ustadz sudah menyiapkan dua buah Alat Peraga Edukatif  buatannya. Yang pertama adalah miniatur  gunung yang dapat mengeluarkan asap, debu dan awan panas. Alat peraga yang kedua adalah miniatur gunung yang dapat mengeluarkan lava.



Anak-anak menyimak dengan seksama penjelasan dari bapak dan ibu guru, serta memperhatikan dengan penuh semangat saat Pak Ustadz memperagakan gunung yang mengeluarkan awan panas dan lava. Wah... pastinya seru banget. Kalau penasaran, bisa lihat videonya di bawah ini. Let's check this out!

Video miniatur gunung mengeluarkan debu dan awan panas
  video

Video miniatur gunung mengeluarkan lava
video


Selesai menjelaskan gejala alam dan tanya jawab seputar gunung meletus dan hal apa saja yang harus dilakukan saat bencana melanda, kini saatnya beristirahat sambil menikmati mi goreng yang sudah disiapkan oleh ibu guru.

Saat anak-anak KBMI beristirahat, bapak dan ibu guru menyiapkan settingan kegiatan yang kedua. Jika kegiatan pertama berlangsung di dalam kelas, kegiatan yang kedua akan dilaksanakan di luar kelas.

Sound system dan kelengkapan lainnya disiapkan. Begitu juga dengan kursi yang sudah ditempeli dengan nama anak diatur sedemikian rupa. Tak lupa jas hujan/ payung juga diletakkan sesuai dengan nama anak yang tertera di kursi. Hal ini adalah untuk memudahkan guru untuk membantu anak mengenakan jas hujan/ payung saat sesi hujan-hujanan dimulai.

Bel masuk, tanda istirahat usai berbunyi. Setelah lapangan kosong dari kakak-kakak TK, anak-anak KBMI segera menempati kursi mereka sesuai dengan nama yang tertera di kursi tersebut.

Dan, pertunjukan kedua pun siap dimulai. Diawali oleh ibu guru yang menggiring anak menuju alpha zone dengan nyanyian dan tepuk agar konsentrasi anak yang tadinya terpecah saat bermain, kembali fokus dan siap untuk mengikuti kegiatan.

Kita nyanyi dulu yuk ^______^

 Matahari Bulan dan Bintang
"Matahari bulan gunung dan lautan.
Bintang-bintang yang ada di langit.
Pelangi dan hujan alam seisinya.
Semua itu Allah Penciptanya."



Setelah semuanya fokus, Pak Ustadz mulai bercerita tentang anak-anak KBMI yang sedang bertamasya ke pantai. Cerita ini juga diiringi dengan setting, alat peraga dan musik yang satu dan lainnya saling melengkapi. 

Anak-anak yang biasanya senang berkomentar, semuanya diam terpaku melihat drama singkat yang dipraktekan oleh bapak dan ibu gurunya. 
Yang ingin tahu jalan cerita drama singkat karya bapak dan ibu guru, yuk kita tonton sama-sama ^_______^

Video sosiodrama tentang hujan
video

Setelah itu, semua bergegas mengenakan jas hujan ataupun payung. Ibu guru mengajak anak-anak menuju tempat yang sudah disiapkan untuk hujan-hujanan. Diiringi suara hujan dari sound system, Pak Ustadz menyiram anak-anak dengan air yang disemprotkan melalui selang sambil bernyanyi riang ^_______^

Hujan Hujan Lagi
"Hujan-hujan lagi, basah-basah lagi.
Katak nyanyi riang, bersahut-sahutan.
Lihat semuanya basah, tersiram hujan."


Tik Tik Tik Bunyi Hujan 
"Tik...tik...tik... bunyi hujan di atas genting.
Airnya turun tidak terkira.
Cobalah tengok dahan dan ranting.
Pohon dan kebun basah semua."
 




Video Hujan-hujanan ^______^
video
Semuanya bergembira. Setelah dirasa cukup, hujanpun reda. Anak-anak diminta untuk melepas jas hujan dan menjemurnya di tempat yang sudah disediakan. Lalu kembali masuk ke dalam kelas. 

Di dalam kelas, ibu guru segera memeriksa satu persatu anak-anak. Apabila ada yang bajunya basah, ibu guru segera membantu anak untuk mengganti pakaian mereka dengan pakaian yang kering.

Dan kegiatan terakhir adalah recalling dan penutup. Alhamdulillah... puncak kegiatan hari ini berjalan dengan lancar walaupun dipersiapkan hanya dalam waktu tiga hari.

Puncak tema Alam semesta adalah puncak tema terakhir di semester dua ini. Terima kasih bapak dan ibu guru untuk semuanya. Sampai bertemu di puncak tema selanjutnya di tahun ajaran baru nanti.  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar