Kamis, 26 Juli 2012

Sosialisasi Kegiatan Akhir Tahun Ajaran dan Ceramah Psikologi

Hari sabtu, 9 Juni 2012 di KBMI diselenggarakan kegiatan Sosialisasi Kegiatan Akhir Tahun Pembelajaran dan Ceramah Psikologi. Kegiatan ini secara khusus kami tujukan untuk wali murid Kelompok Bermain. 

Yang kami bahas pada pertemuan kali ini adalah sosialisasi tentang kegiatan apa saja yang akan diikuti oleh anak-anak KBMI menjelang penerimaan rapot, diantaranya:
  1. Perpisahan yang akan dilaksanakan pada hari Ahad, 17 Juni 2012 di gedung Aswaja (beserta semua kelengkapannya). 
  2. Pembelajaran di bulan Juni dengan tema Ibadah. 
  3. Hari dan tanggal pelaksanaan penerimaan rapot beserta kelengkapan yang harus dipenuhi. 
  4. Ceramah Psikologi yang disampaikan oleh Ibuk Dosen selaku Psikolog.



Acara dimulai jam 08.30. Diawali dengan pembukaan oleh ibu kepala sekolah dilanjutkan dengan pemutaran slide film yang berisi foto-foto kegiatan pembelajaran yang telah diikuti oleh anak-anak KBMI selama semester 2 ini.

Selesai pemutaran slide film, acara dilanjutkan dengan pemaparan kegiatan yang akan anak-anak KBMI laksanakan selama bulan Juni sampai penerimaan rapot. Tidak banyak yang dibahas pada sesi ini, karena sebelumnya sekolah juga telah mengirimkan surat pemberitahuan.




Acara dilanjutkan dengan pemaparan yang disampaikan oleh ibuk dosen selaku psikolog di KBMI yang berkaitan dengan Mempersiapkan Anak Masuk ke TK. Isi pemaparan Ibuk Dosen diantaranya adalah:

Beberapa kesiapan yang dimiliki oleh anak ketika memasuki TK:
1. KESIAPAN FISIK (motorik halus dan motorik kasar)
Motorik halus meliputi kegiatan menebali, mewarnai, menggunting, melipat, meronce dll.
Motorik kasar meliputi kegiatan lempar tangkap bola, melompat, naik turun tangga, berdiri dengan 1 kaki dll.

2. KESIAPAN SOSIAL EMOSIONAL
Kesiapan sosial merupakan kemampuan anak untuk bersosialisasi atau berinteraksi dengan lingkungan sekolah dan teman-temannya.
Kesiapan emosional yang paling penting adalah kemandirian. Yaitu kemampuan anak saat berada di kelas masih harus ditemani orang tuanya atau tidak.

3. KESIAPAN KOGNITIF
Yang dimaksud kesiapan kognitif adalah kemampuan anak dalam berfikir. Misalnya berhitung, mengenal konsep bilangan, mengenal warna dll.

Bagaimana agar anak lebih siap masuk TK?
1. Ajak anak saat memilih TK atau saat pendaftaran.
2. Beberapa hari sebelum masuk TK katakan pada anak bahwa ia akan sekolah.
3. Beri gambaran tentang suasana sekolah yang menyenangkan.
4. Sekali-kali ajak anak mengunjungi sekolah saat pembelajaran berlangsung. 



Sesi selanjutnya adalah tanya jawab. Tapi sebelumnya, Orang tua diajak untuk menyanyi lagu favorite anak-anak KBMI terlebih dahulu, yaitu Ada Gajah dan Bapak Tani Punya Kandang hehehe...




Alhamdulillah, tepat jam sepuluh acara selesai. Orang tua juga cukup aktif dan sangat peduli pada tumbuh kembang putra-putri mereka. Ini tergambar pada pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan. Subhanallah... banyak yang harus kami pelajari lagi tentang pola asuh dan psikologi perkembangan.

Terima kasih kami ucapkan kepada Wali Murid KBMI yang telah mempercayakan buah hati mereka untuk kami didik di KBMI. Semoga anak-anak KBMI menjadi anak Sholeh dan Sholehah, yang cerdas, tanggap, sehat dan ceria. Amin....

Acara kami tutup dengan pembacaan doa oleh Pak Ustazd dilanjutkan dengan pemutaran slide film tentang para pendidik di KBMI ^______^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar